Kunjungi pula Situs Utama dan foto training Agung Webe

Agung Webe, penulis buku motivasi dan trainer pemberdayaan diri

Sunday, August 25, 2013

EUFORIA POWER SINDROM (EPS)

EPS atau Euforia Power Sindrom adalah penyakit yang banyak menjangkiti para pelaku jabatan baru, entah itu supervisor, manager, direksi, atau pimpinan.

Sebuah jabatan yang lebih tinggi dari sebelumnya menyebabkan konsekuensi tanggung jawab yang lebih. Namun disana juga membawa ego bahwa 'aku punya anak buah'.
Dalam Leadership, mereka yang terjangkiti EPS ini tidak memahami  bahwa jabatan managerial yang mereka capai adalah tangga pertama dalam filosofi jabatan, bahwa jenjang jabatan yang diperoleh dalam struktur perusahaan tidak dikatagorikan pemimpin, karena orang menghormati hanya karena jabatan yang ada.

Ini adalah kenyataan yang ada, bahwa ketika seseorang telah melepas baju kantornya, dia bukanlah manager lagi. Artinya bahwa EPS sangat mungkin sekali dibawa pada saat ia telah melepas jam kantornya.

Beberapa hal yang dapat menimbulkan EPS ini antara lain adalah:
■ Dendam masa lalu dimana ia pernah diperlakukan tidak adil oleh atasannya dan ia berpikir bahwa ini adalah saatnya balas dendam
■ Kurang menyadari peran dan fungsi Jabatan
■ Keinginan untuk dihormati dimana ia belum pernah mendapatkannya sebelumnya
■ Shock Culture, yaitu kaget dengan posisi baru
■ Ingin eksis

Untuk meminimalisasi EPS bagi calon pemegang jabatan baru, hendaknya pengetahuan dan sikap menyadari tentang karakter diri, self leadership, perlu ditekankan kembali.
Kandungan tentang pelajaran leadership dalam setiap strata jabatan harus diperbanyak muatannya.

EPS akan sangat berpengaruh dengan suasana dan kenyamanan kerja tim. Bagi manager yang mengidap EPS ia akan bisa bersikap semena-mena dengan perintah yang bertujuan untuk membuktikan bahwa posisinya lebih tinggi dari yang diperintah.

Jabatan, apapun yang sedang anda jalani, adalah untuk membuat orang lain lebih bisa maju dari sebelumnya.
Apakah anda mengidap EPS ini? Saya berharap tidak, karena saya yakin bahwa anda adalah pribadi sukses yang menyadari filosofi self leadership untuk kemajuan orang banyak.

Salam sukses!

No comments: