Kunjungi pula Situs Utama dan foto training Agung Webe

Agung Webe, penulis buku motivasi dan trainer pemberdayaan diri

Wednesday, May 29, 2013

Kalimat Kehidupan

Setidaknya itu buat saya. Mungkin bagi anda bisa berarti apa saja dengan persepsi anda. Kalimat yang merangkai hidup adalah susunan indah dari apa yang kita lakukan. Setidaknya hidup bukanlah kalimat-kalimat pendek seadanya yang hanya mengotori kertas putih yang kita punya.
Kita berpikir terlebih dahulu, baru kemudian menorehkan kalimat, dan kita menorehkan kalimat baru kita berpikir, bagi saya sama saja. Setiap orang mempunyai kesukaannya sendiri-sendiri. Silahkan mana yang anda suka.
Tidak ada hasil yang dapat dipastikan dalam model kehidupan. Ada orang tekun dan kemudian sukses. Namun setiap orang sukses belum tentu semuanya tekun. Ada orang dengan orang tua kaya kemudian dapat memanfaatkan fasilitas yang ada, namun tidak sedikit yang sebaliknya.
Sekali lagi, tidak ada hasil yang dapat dipastikan dalam model kehidupan.
Model hanyalah berupa probabilitas. Namun setidaknya, dengan model kita mempunyai arah dalam menentukan tujuan.
Kembali kepada kalimat kehidupan. Saya suka menyusun kalimatnya setelah saya menyerap semua respon tanpa penilaian.
Anda tentu ingat kisah Ken Dedes, dimana Ken Arok bersedia mengorbankan apa saja untuk mendapatkannya. Apakah betul Ken Arok hanya dikarenakan melihat betisnya saja? Atau sudah melihat yang diatas betis?
Itulah alunan lagu kehidupan bagi Ken Dedes dan Ken Arok yang kemudian menorehkan tinta dalam sejarah Raja-raja Jawa.
Kita semua punya peran dan pilihan peran benar-benar tergantung diri kita sendiri. Apabila kita lahir tak bisa memilih peran sebagai apa, namun saat mati kita dapat memilih mati sebagai peran apa. Artinya setiap langkah kita adalah pilihan tindakan. Dan pilihan kita hari ini akan berbeda dg pilihan kita seminggu kemudian.
Jika hidup adalah kalimat, maka penulisan kalimat yang baik dan tepat adalah pilihan utama kita, karena dengan berpikir yang baik dan berperasaan yang baik akan mendatangkan hal-hal yang baik dalam kehidupan kita.

Selamat merangkai kalimat indah dalam kehidupan anda!

Agung webe, 29 Mei 2013, ditulis jam 23.30 pada saat menembus hujan tol Bandara ke Bekasi

1 comment:

Kompressor said...

Tidak ada model, yang penting mau bertindak :D