Kunjungi pula Situs Utama dan foto training Agung Webe

Agung Webe, penulis buku motivasi dan trainer pemberdayaan diri

Wednesday, August 21, 2013

Membangun Percaya Diri

Dalam berbicara di depan orang banyak, percaya diri merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Banyak orang yang masih sulit membangkitkan rasa percaya diri ketika akan berbicara di depan orang banyak.
Beberapa pertanyaan yang masih sering mampir ke email saya berkaitan dengan public speaking adalah:




● Bagaimana cara menghilangkan grogi?
● Bagaimana agar percaya diri membawakan materi?
Setiap orang yang akan memulai bicara sudah pasti mengalami dua hal diatas. Ada yang intensitasnya besar dan ada yang kecil. Bahkan sayapun sampai sekarang (dan pengakuan beberapa pembicara terkemuka) bahwa masih merasakan grogi pada awal sebelum bicara. Namun saya mempunyai tips & trik untuk mengatasinya secara cepat.
Diatas segalanya, bagi anda yang sedang memulai untuk bicara didepan orang banyak, penguasaan materi adalah hal utama. Ini mutlak, bahwa ketika anda mulai bicara maka anda harus menguasai materi anda.
Saya mengatakan menguasai materi, bukan menghapal materi. Ya menguasai bukanlah menghapal.
Menguasai materi adalah mengetahui poin-poin pokok yang merupakan inti materi anda. Ketika anda memgetahui poin-poin pokok materi anda, maka anda akan mengalir untuk mengungkapkannya. Berbeda dengan menghapal, dimana akan terjadi kekakuan dan sangat teks book sekali.
Grogi? Itu hal biasa! Segera pergi ke toilet, lihat muka anda, diri anda, pakaian anda dan anda secara detail. Kepalkan kedua telapak tangan anda kencang. Tarik nafas dan hembuskan kencang sambil melepas kepalan telapak tangan anda. Sedikit keluarkan suara: hhhahhhhhhhh! Lakukan beberapa kali sampai grogi anda hilang.
Setelah anda menguasai materi, percaya diri dapat anda bangun dengan cara VISUALISASI.
Yaitu sebelumnya, bisa sehari, dua hari sebelumnya, anda bayangkan diri anda secara detail bicara didepan audience anda. Bayangkan detail gerak tangan dan kaki anda, bayangkan wajah anda ceria berinteraksi dengan orang banyak , bayangkan sedetail mungkin kesuksesan anda diatas panggung tersebut.
Mengapa visualisasi? Karena dengan membayangkan secara detail apa yang anda harapkan tersebut, seluruh syaraf dan sel otak anda sudah membentuk jalan atau jembatan untuk memudahkan langkah nyata pada saatnya nanti.
Grogi dan kurang percaya diri? Silahkan lakukan langkah-langkah diatas tersebut.
Salam sukses!

No comments: